BINGUNG SETELAH LULUS SMA/SMK/MA PILIH IST AKPRIND, SIAPKAN LULUSAN YANG KOMPETITIF

Banyak pilihan bagi lulusan SMA/SMK setelah mereka lulus, keinginan melanjutkan studi pasti menjadi keinginan mayoritas anak muda. Keinginan ada dan dukungan finansial juga ada, langkah selanjutkan menentukan program studi atau ilmu apa yang menjadi tumpuan masa depan. Dan salah satu prospek pekerjaan masa depan yang masih luas serta dibutuhkan adalah bidang sains dan teknologi.

 

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) memperkirakan, periode 2015-2025, Indonesia akan mengalami kekurangan insinyur 10.000/tahun. Selain itu kebutuhan tenaga ahli di Indonesia juga masih kurang, rasio antara kebutuhan tenaga ahli dengan tenaga terampil 4:190. Menurut Bappenas, berdasarkan rata-rata standar global, stok infrastruktur terhadap PDB adalah 70 persen. Stok infrastruktur Indonesia terhadap PDB masih 32 persen, di bawah standar global. “Prospek pembangunan infrastruktur di Indonesia masih terbuka lebar jika Indonesia ingin menjadi negara maju pada tahun 2045,” (https://www.krjogja.com/pendidikan/berita/jumlah-sarjana-teknik-masih-sangat-kurang/

 

Salah satu perguruan di DI Yogyakarta yang masih konsisten menyiapkan lulusan pada bidang sains dan teknologi adalah Institut sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Sebagai perguruan tinggi yang tetap eksis dan tahun 2020 ini merayakan dies natalis ke 48, IST AKPRIND menujukan jati diri telah membekali lulusannya dengan berbagai disiplin ilmu berbasis saint dan teknologi. 48 tahun, IST AKPRIND dalam dunia pendidikan telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan luar negeri. Kontribusi membangun negara tentunya menjadi tanggung jawab alumni dalam men darma baktikan ilmunya. Prestasi alumni IST AKPRIND mulai dari Direktur PT PERTAMINA, menjadi berbagai PNS, berkontribusi membangun negara melalui perusahaan-perusahaan swasta bahkan menjadi memilih perusahaan.

 

Di era digital saat ini, IST AKPRIND tidak hanya berkewajiban menghasilkan lulusan yang mempunyai bekal sains dan teknologi tetapi IST AKPRIND juga membekali mahasiswa dengan bekal ilmu yang kompetitif.  Ada 9 program studi yang bias menjadi pilihan di IST AKPRIND. Semua prodi masih sangat prospektif di era digital saat ini.

 

KE 9 prodi yang sangat prospektif dan kompetitif di era digital adalah Prodi Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Informatika, Statistika, Rekayasa Sistem Komputer, Teknik Geologi dan Teknik Lingkungan serta prodi yang segar dibuka prodi Bisnis Digital dan Akuntansi Digital.